-->
M Mustafa
M Mustafa Saya hanya orang biasa yang selalu menyemangati diri "Jangan Lelah Untuk Berusaha Sampai Kegagalan Pun Akan Menyerah Pada Semangat Mu"

Masih Efektifkah Jasa Pasang Iklan Baris Online??

Tidak ada komentar

Menggunakan media pemasangan iklan online beberapa waktu lalu menjadi sebuah pilihan yang terbaik. Karena saat itu Indonesia sedang memasuki era baru di dunia digital yakni dengan merambahnya jaringan internet melalui smartphone.

Banyak warga yang memanfaatkan media periklanan online sebagai media untuk memperkenalkan produknya. Dengan harapan bahwa akan mempengaruhi peningkatan penjualan mereka.

Pemasangan iklan online secara gratis memang mampu meningkatkan jangkauan pengenalan produk yang awalnya hanya di kenal di sekitar tempat usaha dalam beberapa radius jarak saja kini produk bisa di kenal di berbagai daerah bahkan keluar negeri. Namun hal ini belum sepenuhnya mampu untuk meningkatkan penjualan karena adanya masalah yaitu pada saat transaksi jual beli.

Karena berbeda wilayah apalagi sampai menyeberang ke pulau lain misal dari Jawa ke Sulawesi atau bahkan dalam pulau sendiri misal dari bandung ke surabaya, transaksi masih sangat sulit. Penjual dan pembeli sama-sama ragu. Pembeli ragu untuk transfer dan penjual juga ragu untuk mengirim barang.

Namun seiring waktu, pemanfaatan media periklanan online seperti TokoBagus dan Berniaga yang kini berubah menjadi Olx terus meningkat. Tetapi tantangan baru pun muncul ketika situs E-Commerse yang kini mulai tumbuh subur pun masuk ke Indonesia.

Situs E-Commerse seperti TokoPedia dan BukaLapak contohnya menjadi pilihan bagi pedagang dan seakan sudah mulai meninggalkan penggunaan media periklanan online gratis. Bahkan situs-situs tersebut awalnya hanya menjual produk baru, kini berbagai barang bekas pun ikut di jual. Masalah transaksi keuangan pun sudah mulai teratasi dengan adanya escrow atau rekening bersama yang di kelola pihak ketiga dalam hal ini situs E-Comerse.

Selain itu hadirnya sosial media yang memberikan fasilitas pembuatan grup Jual beli menjadi salah satu batu sandungan bagi situs periklanan online seperti Olx dan Gelitik.Com, Seperti di FB saat ini, ribuan grup jual beli tumbuh subur seperti jamur di musim hujan.

Jadi, Masih Efektifkah Jasa Pasang Iklan Baris Online??

Menurut saya bahwa ada beberapa hal yang memang saat ini masih sangat sulit sekali bagi situs E-Comerse memfasilitasi sebuah transaksi contohnya adalah penjualan mobil dan motor untuk jenis barang bekas. Karena ada 2 kendala pada dua jenis produk tersebut. Kendala pertama adalah bahwa nilai ongkos kirim tentu akan sangat mahal sekali apabila yang di kirim berupa mobil atau motor dan yang kedua adalah masalah legal kendaraan yang membutuhkan proses bila terjadi transaksi antara daerah berbeda terutama dalam hal perbedaan kode Nomor Polisi.

Namun kehadiran sosial media dengan grup jual beli membuat peluang pemasangan iklan online semakin kecil terutama dalam soal kendaraan karena biasanya, kecanggihan CMS facebook yang terkadang menyarankan sebuah grup pada orang lain berdasarkan lokasi yang dengan grup tersebut menjadikan grup-grup tersebut ramai dan di isi tentunya orang yang berada dalam satu wilayah yang sama.

Jadi kesimpulannya adalah bahwa apakah media periklanan online masih efektif, kembali lagi menurut saya masih efektif namun sudah berada pada titik klimaksnya yang mana dalam beberapa tahun kedepan situs Pasang Iklan akan tumbang dengan sendirinya

M Mustafa
M Mustafa Saya hanya orang biasa yang selalu menyemangati diri "Jangan Lelah Untuk Berusaha Sampai Kegagalan Pun Akan Menyerah Pada Semangat Mu"

Komentar