-->
M Mustafa
M Mustafa Saya hanya orang biasa yang selalu menyemangati diri "Jangan Lelah Untuk Berusaha Sampai Kegagalan Pun Akan Menyerah Pada Semangat Mu"

10+ Daftar Niche Blog Sukses & Menjanjikan Tahun 2024

Tidak ada komentar

Niche blog menjadi sangat penting ketika memutuskan untuk terjun menjadi seorang blogger, Kebanyakan blogger mengawali langkahnya menjadi seorang blogger berangkat dari passion yang mereka miliki.

Passion menjadi pilihan awal karena biasanya orang akan membahas apa yang mereka sukai dan apa yang mereka kuasai. Tujuannya tidak lain adalah untuk memudahkan mereka dalam menulis pada blog mereka nantinya.

Selain itu, karena telah menguasai materi, selain berbagi informasi yang di kuasai, juga memberikan dampak positif yaitu akan mengasah kemampuan dan pengetahuan mereka tentang passion yang mereka bahasa.

Karena berangkat dari passion, banyak orang yang baru terjun menjadi blogger, tidak memahami bahwa dalam blogging, ada yang sebut dengan niche.

Apa itu niche ?


Membuat blog, menentukan niche sangat penting, dan ada dimana passion kita? niche apa yang cocok?, sehingga kita bisa konsisten mengembangkan blog dan tidak membahasa terlalu melebar.

Niche Blog adalah topik yang secara spesifik atau di dominasi oleh isi blog yang kamu bangun. Sehingga, walau pun kamu adalah multi talent, jangan terjebak untuk membahas semua pengetahuan yang kamu miliki dalam satu blog.

Bila memiliki banyak passion dan pengetahuan, sebaiknya untuk memilah dan memilih sebuah topik spesifik yang akan kamu tulis pada satu blog.

bila ingin menulis topik lain, alangkah baiknya bila kamu membuat blog baru, namun penting di ingat bahwa, menulis beberapa blog akan menguras tenaga dan waktu yang lebih banyak dan tenaga yang lebih ekstra.

Pembahasan soal kesalahan blogger pemula bisa kamu baca di artikel Kesalahan umum yang sering dilakukan blogger pemula.

Mengapa menentukan niche menjadi sangat penting ?

Diawal pembuatan blog, menentukan niche adalah sangat penting dan krusial, bahkan, menentukan niche jauh lebih penting sebelum blog kamu jadi.

Mengapa menjadi penting?, karena sebelumnya kamu harus membuat kategori yang berkaitan dengan blog yang akan kamu bangun.

Menentukan, apa mau membahas satu niche secara keseluruhan atau hanya pada satu bagian dan secara spesifik pada niche yang kamu pilih.

Misalnya, memilih niche Otomotif, apakah kamu akan membahas soal semua jenis otomotif atau hanya akan membahas soal mobil atau soal motor saja.

Itu menjadi penting karena, semakin spesifik sebuah blog maka semakin baik di mata mesin pencari untuk di rekomendasikan kepada pembaca.

Selanjutnya, cek passion kamu dan usahakan agar pembahasan kamu tidak keluar terlalu jauh dari passion yang kamu miliki.

Misalnya kamu seorang polisi yang hobi main game, tentu lebih menarik membahas soal hukum-hukum yang kamu kuasai atau pengalaman kamu menjadi seorang polisi, karena berkaitan dengan kegiatan keseharian kamu ketimbang membahas game yang kamu sering mainkan.

Untuk secara jelasnya kita akan membahas niche blog apa saja yang potensial untuk tahun mendatang, Tahun 2024.

10+ Daftar Niche Blog Sukses & Menjanjikan Tahun 2024


1. Bisnis dan Keuangan

Sebagai pembuka kita akan membahas topik bisnis dan keuangan. Topik ini bisa di gabung atau di pisahkan antara bisnis dan keuangan, namun pada prinsipnya tergantung bagaimana kamu memilihnya.

Sebagaimana pembahasan awal di atas bahwa menentukan niche sangat penting sebelum membuat blog dan menyesuaikan dengan passion kamu.

Bila kamu menguasai bisnis dan keuangan maka sangat pas bila kamu membahas keduanya dalam satu blog karena kaitannya sangat erat, tetapi bila kamu memiliki kecenderungan hanya pada satu topik misal lebih pada keuangan ketimbang bisnis maka itu lebih baik.

2. Otomotif

Selanjutnya otomotif, alasan mengapa niche ini menjanjikan di tahun 2024 karena perkembangan dunia otomotif makin pesat.

Selain kemajuan yang sangat pesat, perkembangan teknologi otomotif semakin beragam, misalnya saja motor yang awalnya motor manual menjadi motor matic, kini pembahasan semakin bertambah dengan kehadiran mobil dan motor listrik.

Bila kamu menggemari dunia otomotif, kamu bisa memilih niche ini karena pengunjungnya akan terus meningkat seiring perkembangan otomotif itu sendiri.

3. Teknologi

Selanjutnya adalah niche teknologi, dimana membahas berbagai perkembangan teknologi yang juga semakin meningkat dan beragam.

salah satu teknologi yang selalu update adalah teknologi smartphone dan internet yang terus berkembang.

Itulah asalan mengapa niche ini menjanjikan untuk di jadikan topik blog, karena perkembangannya yang senantiasa di nantikan oleh pengguna dalam bentuk informasi publik. 

4. Olahraga

Niche Olahraga, merupakan salah satu niche yang paling banyak di minati. Niche ini tidak pernah sepi dari pengunjung dan selalu ada hal baru yang menarik dalam topik ini.

Seperti event-event olahraga misal SEA Games, Piala Dunia dan berbagai hal menarik seputar olahraga.

Yang paling ramai pada niche ini adalah sepak bola yang penggemarnya ada dimana-mana. Dan bahan artikelnya pun selalu banyak di mana event olahraga khususnya bola, setiap hari selalu ada.

5. Hiburan

Bila kamu memiliki kecenderungan pada dunia hiburan misalnya suka film, suka musik, atau dunia panggung lainnya, maka topik ini adalah pas buat kamu.

Kabar artis, peluncuran film atau jadwal konser manggung adalah bahan artikel yang sangat cocok untuk di angkat.

Daya tarik dari niche ini adalah karena biasanya para artis, musisi dan mereka yang terlibat dalam dunia hiburan selalu memiliki funbase yang selalu loyal terhadap figur idola mereka.

Setiap hari, mereka akan selalu mencari berita mengenai idola mereka, dan itu bisa jadi target market untuk blog kamu.

6. Fasion

Bila kamu hobi mode atau fasion, niche ini juga sangat menarik untuk di bahas. Pesaatnya perkembangan mode dengan berbagai model fasion terbaru hampir setiap pekan bermunculan.

Bukan cuman membahas soal fasion saja, tapi tips mode dan gaya juga jadi bahan yang cukup banyak peminat pada niche ini.

Semakin tahun pula, mode / fasion semakin beragam menunjukkan perkembangan yang juga sangat cepat. Itulah alasan mengapa niche ini sangat pas untuk blog 2024

7. Kesehatan

Bila kamu bergelut dalam dunia kesehatan, tentu memilih topik kesehatan adalah hal yang pas. Karena masalah kesehatan sering di cari solusi pengobatannya.

Namun, kredibilitas sangat dibutuhkan untuk blog yang memilih niche ini. Jangan karena hanya ikut-ikutan menulis blog kesehatan, terus membagikan tulisan tanpa ada penelitian mendalam.

Niche ini akan tetap eksis karena kesehatan adalah kebutuhan pokok yang sulit untuk di hindari, sehingga niche ini layak untuk dipertimbangkan sebagai niche yang menjanjikan.

8. Wisata

Tema wisata juga selalu mengundang banyak ketertarikan. Walau pengunjungnya musiman, blog niche ini tetap menjanjikan untuk selalu di ulas.

Setiap akhir pekan maka kunjungan akan meningkat dan paling banyak adalah ketika masa libur nasional seperti libur hari raya atau libur semester genap.

Tempat wisata pun setiap harinya semakin bermunculan, bila tidak ada tempat yang baru, biasanya tempat wisata lama akan melakukan update perubahan yang perlu untuk dipublikasikan.

Bila kamu suka berkeliling dan berwisata, atau tertarik pada dunia pariwisata, maka niche blog ini sangat pas buat kamu.

9. Kecantikan

Kecantikan atau niche beauty selalu menarik untuk di bahas, utamanya tips kecantikan dan produk kecantikan.

Bila kamu seorang wanita yang memiliki keahlian atau pengetahuan tentang kecantikan, memilih niche blog ini tentu jadi pilihan tepat.

Wanita selalu ingin cantik, dari kalangan orang biasa sampai publik figur / artis selalu ingin tampil dalam kondisi terbak mereka.

Sama seperti kesehatan, tips kecantikan selalu ramai pengunjung karena bisa dikatakan telah menjadi kebutuhan hidup khususnya bagi perempuan. 

10. Parenting

Bila kamu sudah berkeluarga dan memiliki keluarga yang harmonis, kamu bisa memilih niche ini dan membagikan pada publik berbagai tips tentang mengasuh dan mendidik anak serta keluarga.

Bagi keluarga muda yang baru memiliki anak, tentu belum punya banyak pengalaman soal mengasuh anak.

Karena tiap harinya ada keluarga muda baru, mereka tentu butuh pendidikan soal mengasuh anak dan disinilah niche parenting ini sangat potensial.

Selain itu, topik ini bisa meluas pada keluarga secara penuh tidak hanya soal anak tapi bisa soal menjaga keharmonisan rumah tangga, membina keluarga, disela-sela ketika kekurangan ide tentang parenting.

11. Kuliner

Salah satu topik yang juga sangat menarik adalah kuliner atau masakan. Bila kamu memiliki keahlian dalam bidang masakan, maka niche ini sangat cocok.

Masakan yang selalu jadi topik pencarian banyak orang, entah karena kebutuhan atau karena penasaran ingin prktek.

Resep masakan menjadi salah satu pencarian terbanyak di flatform manapun, entah blog, youtube atau di facebook, masakan selalu menjadi primadona.

Karena kuliner yang terus berkembang dan beragam setiap harinya, menjadikan topik ini sangat menjanjikan pada tahun depan.

Nah, bagaimana ? Sudah menemukan niche yang tepat untuk passion kamu ??

Pastikan untuk memilih niche sesuai dengan passion yang kamu miliki, akan kedepannya kamu lebih mudah dalam membangun dan mengembangkan blog kamu.

Dan demikian artikel tentang 10+ Daftar Niche Blog Sukses & Menjanjikan Tahun 2024, bila bermanfaat jangan lupa bagikan ke akun media sosial kamu, terima kasih.


M Mustafa
M Mustafa Saya hanya orang biasa yang selalu menyemangati diri "Jangan Lelah Untuk Berusaha Sampai Kegagalan Pun Akan Menyerah Pada Semangat Mu"

Komentar