-->
M Mustafa
M Mustafa Saya hanya orang biasa yang selalu menyemangati diri "Jangan Lelah Untuk Berusaha Sampai Kegagalan Pun Akan Menyerah Pada Semangat Mu"

Orang Pintar Vs Orang Cerdas

Tidak ada komentar











Pintar dan Cerdas secara bahasa mungkin memiliki arti yang sama, atau kita memahaminya memiliki satu pengertian yang serupa. Namun saya pribadi membedakan kedua kata tersebut dalam 2 makna atau pengertian berbeda.

Jadi ulasan ini adalah opini saya sendiri dan jangan di kaitkan dengan ilmu pengetahuan manapun.


Pintar


Pintar menurut saya adalah orang yang mampu menyelesaikan segala perkara dengan cepat, karena memiliki wawasan yang luas dan juga multi talent. Orang pintar cenderung fokus untuk menyelesaikan sebuah persoalan dengan mencari solusi semata tanpa memikirkan benar dan salahnya solusi yang di tawarkan.


Cerdas


Cerdas menurut saya adalah orang yang mampu untuk membedakan mana yang baik dan yang buruk, mana yang benar dan mana yang salah. Orang Cerdas lebih fokus untuk mencari benar atau salahnya suatu masalah terlebih dahulu baru mencari solusi yang terbaik dan tentu dengan cara yang benar pula.


Orang pintar dan orang Cerdas memiki pribadi yang sangat berbeda dan ada banyak hal yang menyebabkan kerugian bagi orang pintar ketimbang orang cendas


Penyakit Orang Pintar


1. Tidak bisa Fokus


Orang pintar biasanya tidak bisa fokus pada satu hal di akibatkan kemampuan berfikir yang tinggi dan wawasan yang terlalu luas. Biasanya orang pintar terkadang belum sempat menyelesaikan satu solusi perkara yang di sampaikan sudah memberikan solusi lain dan terus memberikan solusi


Sayangnya karena terlalu banyak solusi yang di tawarkan maka tak satupun solusi yang dijalankan berjalan lancar akibat terlalu banyaknya solusi yang ditawarkan.


2. Over


Over disini adalah terlalu banyak tau, terlalu banyak wawasan yang akhirnya menjadi over (sok tau). Tidak bisa di pungkiri orang pintar memiliki pengetahuan dan kemampuan berfikir yang tinggi. Sehingga jangkauan otak dan pemikirannya di atas manusia rata-rata.


Berbagai pengetahuan akan mampu dijabarkan dengan baik dan berbagai solusi juga akan ditawarkan dalaam berbagai cara berbeda. Hal inilah yang menyebabkan orang pintar di anggap over/sok tau. Padahal kemampuan berfikirnya dan wawasannya yang membuat ia mampu menyajikan banyak informasi dan masukan sehaingga terlihat over.


3. Masalah baru pikir belakangan


Orang pintar terkadang memberikan masukan yang tidak kenal pandang apa baik atau benar, apa akan menimbulkan maslah baru atau tidak. Karena baginya, semua masalah akan bisa di selesaikan dengan kemampuan berfikirnya yang tinggi.


Secara matematis, semua perhitungannya benar baik perhitungan keuntungan dan perhitungan resiko. Namun cara mengambil keputusan yang terburu-buru membuatnya tidak berfikir apa akan timbul masalah baru atau tidak. Yang jelas masalah yang di hadapi harus di selesaikan, persoalan masalah lain adalah bagian dari resiko yang harus di tanggung untuk dipecahkan berikutnya.


Penyakit Orang Cerdas


1. Terlalu hati-hati


Hati-hati dalam mengambil keputusan adalah hal baik, tetapi terlalu hati-hati juga kurang baik. Hal tersebut membuat orang yang cerdas kurang mampu mengambil resiko karena pertimbangan yang terlalu tinggi atau terlalu lama.


Karena selain mempertimbangkan keputusan juga harus memastikaan bahwa cara yang digunakan adalah cara yang benar yang tidak melanggar norma apapun baik norma adat, norma agama dan norma hukum.


Namun ini hanya opini saya saja, semua kembali pada diri kita masing-masing apa orang cerdas dan orang pintar itu sama saja. Yang intinya Orang pintar adalah orang dengan kemampuan untuk memecahkan masalah dan orang cerdas adalah orang yang bisa membedakan mana baik dan benar.


M Mustafa
M Mustafa Saya hanya orang biasa yang selalu menyemangati diri "Jangan Lelah Untuk Berusaha Sampai Kegagalan Pun Akan Menyerah Pada Semangat Mu"

Komentar