-->
M Mustafa
M Mustafa Saya hanya orang biasa yang selalu menyemangati diri "Jangan Lelah Untuk Berusaha Sampai Kegagalan Pun Akan Menyerah Pada Semangat Mu"

Tersadar dari Kebuntuan Jalan Internet Marketing

Tidak ada komentar

Hai sobat, ketemu lagi nih, baru sempat nulis dan buka blog ini lagi, kali ini saya kembali dengan harapan baru lagi. Blog yang kemarin aku banggakan sudah tidak lagi bisa di akses, alasannya simple, domainnya expire hahahaha ....\


Kali ini saya mulai tersadar kebodohan saya setelah mengalami beberapa kebuntuan dalam menjalankan bisnis internet melalui blogging dan youtube. Sadar bahwa banyak peluang yang telah ku lewatkan dan banyak pula hal sia-sia yang saya kerjakan.


Saya ulas saja kebutuan dan kebodohan yang saya lakukan

1. Meninggalkan blog akibat sepi traffik/pengunjung

Awalnya saya sangat bersemangat membuat artikel. apalagi artikelnya tergolong mudah yaitu hanya me-review theme wordpress dan menyelipkan link affiliate (kalau dari penjual affiliate) dan kadang hanya memasang link demo dan download saja bila itu theme gratis.

Pada mulanya saya berhasil menulis sekitar 40an artikel dan membangun sebuah blog yang di lengkapi dengan sebuah forum yang menurut saya sangat bagus untuk menambah indeks google sebab dalam forumnya secara garis besar hanya boicara soal wordpress dan ada beberapa juga yang membahas CMS lain seperti blogspot. drupal, jomla dan Oclass

Namun saya merasa bahwa ini sangat lambat, penghasilannya tidak ada padahal sudah susah payah membuatnya bahkan dengan optomasi SEO yang sangat baik (menuut saya) karena beberapa artikel nangkring di page 1 google search.

Saya pun tertarik kembali mengelola youtube dan mulai lagi membangun channel-channel yang menurut saya bisa untuk saya kerjakan sendiri, hingga pada akhirnya saya melupakan blog (dalam artian tidak mengisi konten hanya memeriksa sekali-kali traffiknya).

Akibat traffik yang tidak kunjung naik, saya pun semakin fokus pada youtube lagi dan benar-benar tidak lagi mengerjakan blog tersebut. Yang saya lakukan hanya melakukan update pada CMS Wordpress, theme dan plugin supaya blog bisa tetap berjalan dengan baik.

2. Tidak bisa membagi waktu antara mengurus blog dan channel youtube

Salah satu kekurangan saya adalah tidak bisa membangi waktu antara mengelola blog dan channel youtube yang sedang saya bangung. Dimana blog memerlukan artikel dan youtube memerlukan konten video.

Harusnya saya membangi waktu yang baik antara keduanya dimana untuk youtube bisa di kerjakan siang hari karena membuat konten tentu butuh waktu yang lama dan menulis di blog harusnya pada malam hari karena membuat konten dengan tema review theme itu cukup mudah bisa 1 jam selesai 1 konten sudah lengkap dengan analisa keywword dan postingnya.

Karena hal itu saya pun mengorbankan salah satunya dan memilih blog untuk di korbankan lagi. Padahal blog tersebut sudah berhasil melakukan penjualan minimal 1 theme wordpress per bulan dengan income yang lumayan antara 15$ sampai 30$.

Sedangkan youtube, karena baru mulai lagi jadi banyak ide dan semangat masih tinggi karena berharap bahwa youtube bisa lebih sukses daripada blog.

3.Terlalu ingin mengerjakan banyak hal (Gampang tergoda)

Saat memulai memulai maka banyak hal yang di lakukan utamanya optimasi SEO pada blog ataupun channel, sehingga rajin mencari informasi tentang hal tersebut. Namun dalam perjalanannya ternyata banyak juga informasi lain yang ikut terserap.

Misalnya kita mengurus soal SEO dan mengetik kata tersebut pada mesin telusur, namun terkadang tampil pula informasi lain yang mengikuti keyword SEO pada pencarian. 

Misalnya kata seperti cara membuat blog/channel tanpa SEO, terkadang mengalihkan fokus kita. Tetntu saja hal ini menarik bagi kita yang sedang mencari SEO. Kenapa harus susah-susah belajar SEO kalau ada tanpa SEO.

Yang pada akhirnya kita pun tertarik untuk mencoba trik tersebut. Sayangnya, niche dari topik tersebut tidak se-niche dengan apa yang kita kerjakan. Otomatis kita menambah pekerjaan baru yang malah merusak konsentrasi kita. Awalnya hanya mengurus satu blog/channel, kini mengurus banyak blog atau channel.

Pengalam saya ini semoga jadi pelajaran bagi sobat sekalian. Semoga tidak mengulangi kesalahan yang saya lakukan. Kunci utama dari artikel kali ini adalah FOKUS, dan jangan mudah tergoda oleh berbagai bisnis internet yang semuanya menjanjikan.

Menjadi orang yang multi talent dalam bisnis internet tidak sama dengan multi talent dalam dunia hiburan. Dalam Bisnis internet, multi talent bagi saya adalah sebuah kekurangan yang bisa menyebabkan kita gagal membangun bisnis online kita.

Demikian artikel kali ini semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk share artikel ini kemedia sosial kamu apabila bermanfat, terima kasih

M Mustafa
M Mustafa Saya hanya orang biasa yang selalu menyemangati diri "Jangan Lelah Untuk Berusaha Sampai Kegagalan Pun Akan Menyerah Pada Semangat Mu"

Komentar