-->
M Mustafa
M Mustafa Saya hanya orang biasa yang selalu menyemangati diri "Jangan Lelah Untuk Berusaha Sampai Kegagalan Pun Akan Menyerah Pada Semangat Mu"

Ketika Kesulitan Menimpamu, Yakinlah Setelahnya Ada Kemudahan Menantimu

Tidak ada komentar


Apakah kamu merasakan kesulitan yang sepertinya tidak berujung?, atau merasa bahwa hidup ini tidak adil dengan cobaan yang terus datang silih berganti?

Maka saya katakan bersabarlah, perhatikanlah setiap tindakan dan perbuatan yang pernah kita lakukan. Bisa jadi semua cobaan yang datang adalah karena kesalahan kita sendiri.

Sebagai seorang Muslim kita wajib meyakini bahwa setiap sesuatu telah menjadi ketentuan Allah, Baik dan buruknya adalah Allah sebaik-baik penentu. Ketika kesulitan menimpamu, yakinlah setelah ke kesulitan ada kemudahan sesuai janji-Nya.

Setiap kesulitan, telah Allah janjikan kemudahan, dan Allah senantiasa menepati janji. “Karena sesungguhnya, sesudah kesulitan itu ada kemudahan, Sesungguhnya, sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” QS.94:5-6)

Ada banyak hikmah yang bisa di peroleh dari kesulitan, ada banyak pelajaran yang di kandung didalam kesulitan tersebut, karena adanya hikmah dan pelajaran dalam ujian tersebut hingga kesulitan itu menimpa kamu.

1. Jika kamu dalam kesusahan, bisa jadi Allah sedang menguji kamu agar kamu lebih baik

Kesulitan atau kesusahan termasuk ujian dari Allah, dengan tujuan agar kamu mengambil hikmah atas kesulitan kamu. Mungkin Allah sedang menguji kamu untuk meningkatkan derajat kamu.

Ujian itu ada banyak bentuk, kesenangan dan kesulitan adalah bentuk-bentuk ujian dari Allah. Dan yang namanya ujian, bila kamu bisa melewatinya maka kamu akan naik kelas.

Derajat ketakwaan kamu akan lebih baik dari mereka yang tidak pernah menjalani ujian yang kamu lalui. Kamu pun akan mencintai Allah lebih baik, dan Allah pun akan mencintai kamu lebih dari yang lain.

Janganlah menganggap bahwa kesulitan dan masalah adalah ujian, kamu perlu tau bahwa kekayaan dan kesenangan juga merupakan ujian.

Saat kamu memperoleh uian kekusahan dan kesulitan, maka bersandarlah pada Allah dan mohon pada-Nya untuk membantu kamu melewati ujiannya.

2. Kesusahan itu adalah pertanda Allah sedang memanggil kamu untuk mendekat kepada-Nya

Banyak orang yang diberi kesenangan hingga lupa untuk mengingat penciptanya. Karena biasanya orang yang selalu bahagia dan senang hanya fokus pada apa yang dinikmatinya dan lupa pada siapa yang memberi kesenangan itu.

Bila kamu dulunya penuh dengan kebahagiaan kemudian sekarang dalam kesulitan, mungkin Allah sedang mengalihkan jalan kamu ke jalan yang lebih baik. Jalan untuk menuju kepada-Nya.

Kamu harusnya merasa beruntung, karena Allah masih mengingatkan kamu akan kewajiban kamu sebagai hamba dan mengingatkan kamu agar bisa kembali mengingatt-Nya.


Karena ada banyak orang yang tidak seberuntung kamu, dimana banyak manusia yang meninggal dalam kondisi sedang menikmati kesenangan dunia namun lupa pada penciptanya.

Seingga, mungkin selama ini kamu terlalu senang dengan hidup kamu hingga kamu lupa kepada Allah. Terlalu lama, terlena dengan perbuatan dosa membuat Allah menegur kamu dengan kesulitan.

Allah ingin kamu kembali kepada jalan yang benar, bersenang-senang tanpa harus melupakan Allah. Buat hidup kamu tidak semata hidup yang fana, namun jadikan hidup kamu hidup penuh berkah tanpa melupakan Yang Maha Pencipta.

3. Allah sedang menuntun kamu menuju hidayah, janganlah berprasangka buruk

Hidayah bisa datang dari mana saja. Ada orang di beri kekayaan kemudian dia sadar betapa Allah itu pemurah dan jadi jalan hidayah baginya. Ada yang Allah beri ilmu hingga ia sadar bertapa ia sangat kurang pengetahuannya menjadikan jalan hidayah padanya.

Namun ada juga orang yang di beri kemiskinan, kesulitan, kesusahaan lalu ia sadar betapa dunia ini begitu hina, hingga ia yang miskin tetap bisa hidup lalu menjadi jalan hidayah baginya.

Hidayah datang dari berbagai arah, bisa jadi kesulitan mu adalah jalan hidayah bagi mu maka bersabarlah. Karena hidayah itu bisa datang dari mana saja, namun lebih banyak karena kesulitan.

Bahkan kamu harus bersyukur karena dengan kemiskinan yang kamu alami, kamu lebih dekat kepada Allah.

4. Kesusahan itu yang terbaik menurut Allah, jangan pasrah dan patah semangat menghadapi hidup

Baik buruknya hidup yang kamu hadapi adalah ketentuan Allah. Dan yakinlah bawah apa yang Allah tentukan adalah yang terbaik bagi kamu.

Allah tau segala sesuatu, termasuk yang terbaik buat kamu. Ketika kesulitan datang, terimalah dan hadapi dengan kesabaran.

Berusahalah menghadapi masalah dengan fikiran jernih, dan menyerahkan segala hasilnya kepada Allah. Karena Allah tau yang terbaik buat kamu.

5. Kesulitan bisa membuat kamu lebih sabar, dan kesabaran akan berbuah manis pada akhirnya

Banyak orang yang bersabar dalam menghadapi masalahnya. Tidak menyalahkan diri sendiri, orang lain atau menyalahkan Tuhan.

Ia menyadari bahwa hidup ini adalah ujian, pahit manis adalah ujian, Sehat atau sakit, miskin atau kaya semua adalah ujian. Dan cara menghadapi ujian adalah berusaha untuk senantiasa sabar.

Karena Rasulullah mengajarkan bahwa orang sabar adalah pemenang segala peperangan.

Dan yakin lah akan balasan manis dari Allah atas tiap kesabaran kamu, karena Allah senantiasa menepati janji.

Penutup, hidup itu adalah ujian, dan tak satupun hal yang ada di dunia ini kecuali adalah ujian. Miskin dan kaya adalah ujian, bahagia dan sedih juga ujian, dan semua hal itu akan di mintai pertanggungjawaban dari Allah kelak di akherat.

Dan kunci terbaik dari menghadapi semua ujian dari Allah adalah ridho dan sabar dalam menerima semua ujian yang diturunkan-Nya.

M Mustafa
M Mustafa Saya hanya orang biasa yang selalu menyemangati diri "Jangan Lelah Untuk Berusaha Sampai Kegagalan Pun Akan Menyerah Pada Semangat Mu"

Komentar