-->
M Mustafa
M Mustafa Saya hanya orang biasa yang selalu menyemangati diri "Jangan Lelah Untuk Berusaha Sampai Kegagalan Pun Akan Menyerah Pada Semangat Mu"

Rahasia Sehat Seorang Muslim Wajib Kamu Ketahui

Tidak ada komentar


Kesehatan adalah sebuah anugerah dari Ilahi yang tak ternilai. Ada berbagai macam hal yang di lakukan orang untuk tetap sehat. Mulai dari berolahraga, makan-makanan sehat dan bergizi atau menjaga pola tidur dan istirahat cukup.


Demikian juga yang dilakukan oleh seorang muslim dalam menjaga kesehatannya, karena memahami betul bahwa kesehatan adalah salah satu nikmat yang tidak ternilai harganya dari sisi Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Dan Seorang Muslim Takwa memiliki resep tersendiri dalam menjaga kesehatannya. 


Ketika seseorang mengalami sakit atau kesehatan mereka terganggu maka akan segera berobat ke dokter. Dan itu adalah hal yang lazim dan wajar karena dokter memang sebuah profesi yang berkaitan soal penyakit.


Namun di beberapa daerah yang dihuni Muslim sepertinya dokter menjadi pilihan alternatif terakhir. Karena ada beberapa hal penting yang mereka lakukan sesuai keyakinan mereka.


Apa saja yang di lakukan muslim sebelum sampai ke dokter ? Berikut ulasannya :


Tips Sehat Seorang Muslim

Ada pun tips yang biasa dilakukan seorang muslim disuatu daerah ketika kesehatan mereka terganggu adalah dengan beberapa hal yang disandarkan pada hadis Rasulullah Shallalahu Alaihi Wasallam antara lain :

1. Sholat 2 Rakaat

Bila seorang Muslim merasa sakit, maka ikhtiar pertama yang mereka lakukan adalah sholat 2 rakaat. Dan setelah sholat mereka berdo’a untuk kesembuhan mereka.


Dengan keyakinan bahwa sholat adalah penyembuh berbagai macam penyakit, maka sholat sunnah 2 rakaat menjadi pilihan pertama ketika mereka mengharapkan kesembuhan ketika mereka sakit.


Insya Allah, dengan izin Allah maka mereka akan sembuh. Namun bila tidak mendapat kesembuhan mereka melakukan ikhtiar yang kedua.


2. Membaca Surah Al-fatihah dan Surah Penyembuh lainnya

Jika mereka belum sembuh setelah shalat, mereka membaca surah Fatihah dan surah penyembuh lainnya yang di tiupkan pada air. Praktek ini di sebut dengan ruqyah diri sendiri.


Selian itu, Bacaan Qur'an juga menjadi salah satu penyembuh dimana seorang muslim takwa meyakini bahwa ayat-ayat Qur'an adalah obat bagi segala penyakit.


Dan dengan Izin Allah maka mereka akan sembuh. Namun bila cara ini pun belum bisa memberikan kesembuhan, maka mereka melakukan ikhtiar yang ke tiga.


3. Bersedekah

Bila kesembuhan belum juga kunjung di dapatkan maka mereka melakukan sedekah. 


Hal ini sejalan dengan hadist Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:


دَاوُوْا مَرْضَاكُمْ بِالصَّدَقَةِ

“Obatilah orang yang sakit di antara kalian dengan sedekah.” (HR. Abu Dawud, At Thabarani dan Al Baihaqi, dihasankan oleh Syaikh Al-AlBani dalam Shahihul Jami’).


Dengan ikhtiar ini, mereka pun diberikan kesembuhan dengan Izin Allah. Namun bila kesembuhan belum juga di dapatkan maka mereka melakukan ikhtiar yang ke empat.

Baca juga : Lafadz “Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam” ( صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ) dan Penulisannya


4. Perbanyak Istighfar

Istighfar adalah salah satu cara untuk mendapatkan kesembuhan. Sebagaimana nabi mengajarkan bahwa sakit adalah meruntuhkan dosa-dosa kita. Maka dengan ber-istighfar, dosa-dosa kita semakin cepat di ampuni.


Dengan memperbanyak istigfar maka seorang muslim yakin bahwa Allah akan mengampuninya dan salahsatu tanda ampunan Allah adalah dengan mengangkat penyakit yang sedang di derita oleh muslim tersebut.


Dengan izin Allah, maka kesembuhan akan di peroleh. Namun bila kesembuhan belum di dapatkan maka dilanjutkan dengan ikhtiar yang ke lima.


5. Mengkonsumsi Obat Herbal

Madu dan minyak saitun adalah contoh obat herbal yang banyak manfaat. Biasanya ikhtiar kelima ada perubahan. 


Madu dan berbagai obat herbal lainnya sudah tidak lagi diragukan keampuhannya untuk mengobati berbagai penyakit.


Dengan Izin Allah, maka kesembuhan pun akan di dapatkan. Dengan ikhtiar ini belum juga memperoleh kesembuhan, maka mereka melakukan ikhtiar ke enam.


6. Dokter yang Sholeh

Barulah pada ikhtiar ke enam mereka mengunjungi dokter. dokter yang mampu mengobati secara jasmani dan secara rohani.


Demikianlah tips menjaga kesehatan bagi seorang muslim yang taat atau muslim takwa. Semoga jadi inspirasi kita bersama.

M Mustafa
M Mustafa Saya hanya orang biasa yang selalu menyemangati diri "Jangan Lelah Untuk Berusaha Sampai Kegagalan Pun Akan Menyerah Pada Semangat Mu"

Komentar