-->
M Mustafa
M Mustafa Saya hanya orang biasa yang selalu menyemangati diri "Jangan Lelah Untuk Berusaha Sampai Kegagalan Pun Akan Menyerah Pada Semangat Mu"

Kenapa Blogspot Tidak Terindeks Google?

Tidak ada komentar

Sudah satu bulan lebih blog saya ini tidak terindeks, bahkan sejak awal blog ini tidak terideks sewaktu masih menggunakan subdomain dari blogspot. Saya lalu bertanya Kenapa Blogspot Tidak Terindeks Google?, bahkan di mesin pencari tetap tidak menemukan jawaban.

Banyak hasil pencarian yang saya dapati adalah mengapa blog tidak terindeks, atau artikel agar blog cepat terindek, padahal inti pertanyaan saya adalah secara khusus untuk blogger atau blogspot milik google.

Namun semua jawaban pencarian saya hanya tutorial tentang cara agar blog cepat terindeks, alasan kenapa blog tidak terindeks dan parahnya lagi hasil pencariannya adalah semua blog kebanyakan wordpress.

Padahal saya jelas-jelas mengetik cara agar blogspot bisa terindeks, namun jawabannya sungguh mengecewakan dan tidak sesuai espektasi saya dari hasil pencarian yang saya lakukan.

Saya berharap bahwa dengan menampilkan kata blogspot pada mesin telusur maka artikel yang naik adalah semua yang membahas tentang blogspot, tapi ini parah karena tidak satu pun yang muncul di halaman pertama yang membahas blogspot.

Barulah pada halaman kedua dan ketiga muncul artikel yang secara spesifik menyebut blogspot. Tapi lagi-lagi artikelnya adalah tentang mengapa blogspot tidak terindeks tidak mendapat jawaban atau artikel cara agar blogspot terindeks dalam sehari.

Salah satu sarannya adalah membuat halaman indeks sitemap, saya pun mencoba untuk membuatnya yaitu sebuah halaman yang saya beri title "Indeks" dengan harapan bisa terindeks google lebih cepat.

Namun faktanya belum ada manfaat yang secara signifikan yangsaya rasakan dari membuat sitemap indeks tersebut kecuali memudahkan navigasi pengguna untuk mencari artikel di blog saya.

Saya lalu mencoba untuk mengganti kata pencarian dengan mengetikkan "Cara setting blogspot", dan hasilnya, wow, benar-benar membuat saya auto emosi karena tidak ada yang menuliskan hal secara detail tetang cara setting blogspot.

Karena mulai putus asa, lebih sebulan blog indeksnya hanya itu-itu saja maka saya mencoba mencari artikel "cara mengganti meta tag blogspot" dan Alhamdulillah caranya keluar, tapi kalau tutorial menggantinya saya juga sudah tau.

Nah kalau itu murni kesalahan saya dalam melakukan pencarian, kemudian saya mencoba untuk mencari kata kunci lain di google dengan mengetikan kata "kode html meta tag blogspot" dan taraaaa..., Alhamdulillah ketemu banyak artikel yang sesuai.

Saya pun mengambil kode meta tag yang saya temukan, dan mengeditnya terlebih dahulu di wordpad karena ada beberapa hal yang harus di ganti misal author, facebook id, akun twitter dan lain-lain.

Setelah selesai saya langsung buka edit html template di blogspot dan sebelum saya paste-kan, otomatis dong saya baca kode meta tag-nya terlebuh dahulu.

Saya lalu test pakai tools SEO Meta Tag Analizer dan sesuai pembacaan saya, meta tag saya normal sekali. Tidak ada yang error kecuali deskripsi blog saya yang katanya terlalu pendek yaitu "Inspirasi Tanpa Batas".

Lah kalau memang tidak ada masalah pada meta tag template saya lalu dimana masalahnya?.

Saya lalu cek settingan blogspot dan membaca dari atas sampai bawah. Saya lalu cek Robots.txt, saya pun mulai untuk mencari artikel tentang robots.txt pada blogspot di google.

Dan hasilnya tidak ada yang menjelaskan tentang cara setiingnya sama sekali, yang saya dapati adalah tutorial dan pengertian kode-kode dalam robots.txt.

Namun berbekal pengertian istilah dalam robots.txt itu saya pun coba untuk mengedit dan menganktifkan robot.txt custom pada blogspot.

Lalu mncullah kode berikut sebagai kode default dari blogspot.

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:
User-agent: *
Disallow: /p/about.html
Disallow: /p/contact.html
Allow: /
Sitemap: https://www.mawardimustafa.com/sitemap.xml

Saya tidak paham sejak kapan robots.txt itu ada di blog saya?.

Saya berfikir bahwa sejak saya membeli custom domain blog ini mungkin baru berubah, ternyata saya salah.

Saya pun sudah pernah menon-aktifkan Robots.txt custom selama 2 minggu tetap saja indeks blog saya tidak berubah dan tidak bertambah.

Dari beberapa waktu indeksnya hanya 5 biji, dan ini cukup berlangsung lama. Membuatsaya pusing sendiri.

Lalu saya coba cari tutorial lainnya dan saya mencoba untuk melakukan beberapa perubahan di blog saya yaitu

Kenapa Blogspot Tidak Terindeks Google?

Saya mencurigai pengaturan dari crawler dan pengindeksan dan melakukan beberapa perubahan yaitu :

1. Mengaktifkan dan merubah robos.txt

Mengaktifkan dan merubah robos.txt dengan menggunakan kode simple berikut ini

User-agent: *
Allow: /
Disallow: /search
Sitemap: https://www.mawardimustafa.com/sitemap.xml

Alasan saya mengganti karena saya mengikuti robots.txt pada blog wordpress saya yang menggunakan robots.txt dengan format yang sama.

2. Setting tag robot kustom untuk halaman beranda


3. Setting tak arsip dan halaman penelusuran


4. Setting tag postingan dan halaman.


Dengan cara ini saya coba melihat bagaimana hasil penelusuran selama 3 hari setelah terpasang dan hasilnya, namun belum ada perubahan signifikan, mungkin baru akan bereaksi dalam beberapa waktu kedepan.

M Mustafa
M Mustafa Saya hanya orang biasa yang selalu menyemangati diri "Jangan Lelah Untuk Berusaha Sampai Kegagalan Pun Akan Menyerah Pada Semangat Mu"

Komentar