-->
M Mustafa
M Mustafa Saya hanya orang biasa yang selalu menyemangati diri "Jangan Lelah Untuk Berusaha Sampai Kegagalan Pun Akan Menyerah Pada Semangat Mu"

Membuat Blog / Website Directory Business, Salah Satu Project Yang Belum terealisasi

Tidak ada komentar

Blogger memang memiliki banyak ide dan tujuan yang tentu saja berkaitan dengan dunia blogging. Salah satunya adalah memiliki blog atau situs autopilot.

Beberapa jenis situs autopilot selain blogrobot, seperti media sosial, situs periklanan, forum juga ada direktori bisnis yang merupakan salah satu jenis situs yang juga cukup bagus untuk di pertimbangkan.

Dan posting kali ini bukan tentang cara membuat blog directory business tapi lebih tepatnya, directory business yang bagaimana yang harus di buat ??

Pertama-tama, kita harus memikirkan niche apa yang cocok untuk directory business kita. Tentunya beberapa hal penting untuk di pertimbangkan.

Apa itu Situs Directory Business / Direktori Bisnis


Situs direktori bisnis adalah sebuah platform online yang menyediakan daftar atau informasi tentang berbagai bisnis. Situs ini dapat mencakup berbagai kategori industri, lokasi geografis, dan jenis layanan atau produk. 

Tujuan utama dari situs direktori bisnis adalah membantu pengguna menemukan informasi bisnis yang relevan dan memudahkan pemilik bisnis untuk meningkatkan visibilitas mereka secara online. 

Contoh situs direktori bisnis termasuk Yelp, Yellow Pages, dan Google My Business untuk situs luar negeri, sedangkan di Indonesia ada Indonetwork, Indotrading dan BisnisUKM.

Berikut ini beberapa pertimbangan yang bisa kita lakukan sebelum menentukan niche

1. Persaingan

Kita harus melihat dulu bagaimana persaingan situs-situs sejenis (directory bisnis) dengan tema/niche yang sama.

Tentu saja situs directory bisnis tidak jauh berbeda dengan situs biasa dimana ada situs yang secara spesifik membahas satu niche namun ada juga yang membahas semua niche yang ujung-ujungnya malah jadi situs iklan baris.

Saya menyarankan untuk membahas satu jenis niche saja supaya situs directory business kita bisa mendapat tenpat di hati pengguna. Dan juga baik bagi situs kita karena akan lebih mudah dalam optimasinya di mesin pencari.

Walau memasukkan semua niche bukanlah hal yang salah tapi semakin besar lingkup topik pembahasannya maka semakin sulit pula untuk bersaing dari sisi SEO-nya.

Misalnya kita mau bikin directory business restaurant, maka cari pesaing-pesaning situs sejenis untuk kita pelakari amati dan tiru.

2. Target Market

Pertimbangan kedua adalah target market atau pengguna dari situs direktory business kita selanjutnya. Apakah kita akan menarget lokal atau global.

Kalau memilih lokal atau dalam negeri tentu persaingannya tidak seperti situs global, namun perlu untuk di pertimbangkan, seberapa penting situs directory business bagi orang-orang di Indonesia saat ini?, peminatnya bagaimana dan situs sejenis itu situs apa saja ?.

Kalau saya lebih senang pada global tentu tantangannya juga besar. Namun bila ingin bijaksana kita mulai target lokal dulu namun menggunakan bahasa internasional.

3. CMS

Selanjutnya adalah memilih akan menggunakan CMS apa ? Drupal, wordpress, Joomla atau CMS Sendiri. 

Terserah mau pilih yang mana tapi sebaiknya pilih CMS yang mudah di gunakan dan terpenting user inteface-nya bisa/mudah di pahami oleh pengguna.

Jangan terpengaruh pada penggunaan CMS yang sering gonta-ganti. Terus terang bagi saya, CMS drupal adlah CMS yang powerfull tapi sayangnya, penyedia atau penjual theme drupal di Indonesia masih sangat terbatas.

Namun, CMS yang cukup mudah penggunaannya dan lumanyan banyak penjual theme-nya adalah wordpress. Mempelajari wordpress juga tidak terlalu rumit.

Namun apapun CMS yang di pilih pastikan untuk mempertimbangkannya secara baik sebelum memutuskan.

Ya, mungkin ketiga point ini bisa jadi pertimbangan awal ketika ingin menentukan sebuah topik untuk situs / blog directory bisnis kamu.

Selain itu bila tertarik membuat portal berita dengan Wordpress kamu bisa menggunakan theme WP Media

Bila masih kurang silahkan di tambahkan di kolom komentar.

M Mustafa
M Mustafa Saya hanya orang biasa yang selalu menyemangati diri "Jangan Lelah Untuk Berusaha Sampai Kegagalan Pun Akan Menyerah Pada Semangat Mu"

Komentar