-->
M Mustafa
M Mustafa Saya hanya orang biasa yang selalu menyemangati diri "Jangan Lelah Untuk Berusaha Sampai Kegagalan Pun Akan Menyerah Pada Semangat Mu"

Festival Tahunan Sop Saudara Pangkep

Tidak ada komentar

Atrikel ini dalam Proses penyuntingan dan belum selesai sepenuhnya

Vestifal Tahunan Sop Saudara Pangkep
Kuliner asli Sulawesi Selatan yang cukup terkenal adalah Sop Saudara. Hidangan khas ini bersal dari sebuah daerah bernama Sanrangan Baru-baru Towa Desa Sibatua yang kini telah berubah menjadi Kelurahan Bonto Perak.

Sop Saudara memiliki 2 menu utama yaitu Sop daging yang berisi berbagai jenis bagian daging sapi termasuk jeroan sopi dan menu kedua adalah Sop Konro yang berisi bagian dari tulang sapi.

Dalam perkembangannya, Sop yang awalnya berisi berbagai macam jenis daging sapi dan jeroan, membuka resep baru yaitu Sop paru yang mana isinya hanya paru sapi saja.

Vestifal Tahunan Sop Saudara Pangkep

Sejarah SOP Saudara

Awalnya seorang yang bernama .............. menjual sop keliling menggunakan gerobak sebagai jajanan. Beliau lah pencipta resep dari masakan khas sulawesi Selatan ini.

Ketika dijual keliling, belum ada embel-embel kata "saudara" yang melekat pada kata Sop Saudara. Dalam perkembangannya dagangan ini cukup laris dipasaran dan diminati oleh masyarakat.

Pencipta resep memiliki dua ponakan yang bernama H. Dollahi dan H ......... yang melihat peluang untuk mengembangkan masakan ini dalam bentuk warung makan dan tidak lagi dijajakan menggunakan gerobak.

Mereka pun mewarisi resep Sop dari pamannya dan membuka warung makan dengan Nama "SOP saudara". Tentu saja nama warung yang kini menjadi brand dimana-mana ini mewakili bahwa warung tersebut adalah warung dua orang bersaudara.

Dalam perkembangannya, kehadiran warung SOP Saudara diterima baik di tengah-tengah masyarakat. Warung tersebut pun berkembang pesat hingga menciptakan dualime pengelolaan.

Akhirnya dengan kesepakatan musyawarah, warung itu pun di bagi berdasarkan menu resep dari Sop Saudara yaitu Resep SOP Daging dan Resep SOP Konro.

Kedua bersaudara tersebut memutuskan untuk berpisah dengan ketentuan bahwa satu orang hanya boleh membuka warung dengan mengunakan satu resep.

H. Dollahi, pemilik Resep Sop memilih mengambil Konro sebagai resepnya dan berjanji tidak menjual Sop Daging. Demikian pula H.Hanaping membuka warung Sop daging dan berjanji untuk tidak menjual Sop Konro.

Untuk SOP Konro di bangun di sekitar Lapangan Karebosi Makassar, yang kini di kenal dengan Warung SOP Saudara / SOP Konro Karebosi

Selanjutnya untuk H Hanaping membuka warung di jalan andalas dekat gereja katedral Warung SOP saudara Andalas.

Baik Sop Saudara Andalas dan Sop Konro Karebosi  tetap mempertahankan rasa dari resep awal sampai hari ini.

Setelah melihat kesuksesan dua bersaudara tersebut, akhirnya banyak sepupu dan keluarga terdekaat dari ..... sebagai pencipta resep yang belajar kepadanya. 

Sebagian besar pemilik warung SOP saudara yang tersebar adalah mereka yang pernah merasakan langsung memakan SOP saudara saat dijajakan menggunakan gerobak. Kemudian membuat resepnya karena memang merupakan resep umum di wilayah Sanrangan Baru-baru Towa.

Mereka inilah yang mengembangkan SOP Saudara yang memadukan ikan bakar bolu sebagai resep andalan yang dikenal lebih terjangkau dari segi harga.

Dan sebagian besar lagi adalah yang pernah menjadi karyawan dari Sop Saudara Milik kedua bersaudara kemudian membuka warung yang tetap mempertahankan menu Sop Daging dan atau Sop Konro.
Vestifal Tahunan Sop Saudara Pangkep

Menu Sop Saudara

Untuk SOP Saudara terdapat dua menu utama yaitu :

1. Sop Daging

Sop daging adalah masakan sop yang berisi berbagai macam jenis daging sapi dan beberapa bagian jeroan sapi.

Dalam perkembangannya resep ini semakin berkembang dengan melahirkan jenis SOP baru yang di kembangkan oleh pra pemilik warung SOP Saudara yaitu SOP Paru yang mana isinya hanya paru saja.

2. Sop Konro

Dmikian pula untuk SOP konro yang terus berkembang yang awalnya hanya SOP dengan tulang sapi yang direbus/dikukus, kini berkembang menjadi Sop Konro Bakar.

Masakan ini terus berkembang yang mana lahirlah resep lainnya yaitu SOP kikil yaitu perpaduan antara SOP Daging dan SOP Tulang dimana memang tidak ada tulang dalam sop kikil ini tetapi daging yang digunakan adalah daging-daging yang salah satunya banyak terdapat pada bagian atau melekat pada tulang.
Vestifal Tahunan Sop Saudara Pangkep

Sop Saudara adalah salah satu masakan khas Sulawesi Selatan yang berasal dari Kabupaten Pangkep. Makanan ini sudah di kenal di Seluruh Indonesia. Berbagai warung Sop Saudara dengan mudah dapat di Jumpai di kota-kota besar Indonesia hingga pada daerah kabupaten. Rasanya yang khas dimana selalu dipadukan dengan ikan bakar dan bumbu spesial terbuat dari kacang membuat kuliner satu ini mampu untuk di terima dan digemari setiap orang !

M Mustafa
M Mustafa Saya hanya orang biasa yang selalu menyemangati diri "Jangan Lelah Untuk Berusaha Sampai Kegagalan Pun Akan Menyerah Pada Semangat Mu"

Komentar