-->
M Mustafa
M Mustafa Saya hanya orang biasa yang selalu menyemangati diri "Jangan Lelah Untuk Berusaha Sampai Kegagalan Pun Akan Menyerah Pada Semangat Mu"

8 Cara Menghasilkan Uang Dengan Blog

Tidak ada komentar


Bagaimana cara menghasilkan uang dengan blog ?

Ini adalah pertayaan yang sering di lontarkan banyak orang ketika mendengar kata "blog, blogging, blogger atau ngeblog".

Ada banyak orang yang telah sukses dengan blog, contohnya linda Ikeji untuk blog luar negeri atau Maxmonroe untuk blog lokal dalam negeri. Bahkan, kapanlagi network yang mendirikan merdeka(dot)com dulunya adalah blogger yang lahir bersamaan dengan inilah(dot)com.

Lalu bagaimana mereka mau terus ngeblog bila tidak bisa membuat mereka sukses ?? Atau lihatlah kesuksesan mereka yang sekarang, semua berawal dari blog.

Nah, sekarang kita kembali ke pembahasan, bila blog memang bisa menghasilkan, dari mana saja penghasilan blog itu ?

Inilah pertanyaan yang harusnya ditanyakan, dan untuk jawabannya kita akan ulas satu-satu.

Cara Menghasilkan Uang Dengan Blog

Bila kamu penasaran bagaimana blog bisa menghasilkan uang bahkan bisa sukses dari segi financial maka kita bisa melihat poin-poinnya sebagai berikut :

1. PPC marketing

PPC adalah singkatan dari pay per click, artinya, ketika kita memasang iklan di blog dengan menggunakan PPC mana kita akan mendapatkan bayaran jika pengunjung meng-klick iklan yang kita pasang.

Salah satu pemasang iklan jenis ini dan paling populer adalah periklanan milik google yaitu Adsense yang juga menjadi sumber penghasilan youtuber. Bila kamu tidak bisa jadi youtuber kamu bisa menjadi blogger dengan penghasilan dari Adsense.

Syarat : memiliki blog/situs/website.

2. CPA Marketing

CPA merupakan singkatan dari Cost Per Action yaitu sebuah bisnis dimana kita diminta untuk mencari orang untuk melakukan sesuatu. Bila orang tersebut melakukan tugas yang diinginkan advertiser maka kita akan mendapatkan bayaran.

Contohnya, ada sebuah situs yang butuh member/user dan kita diminta promosikan situs mereka di blog dengan tugas mencari member. Untuk mendapatkan komisi, bila kita berhasil membuat seseorang menjadi member situs tersebut barulah kita memperoleh komisi.

Promosi bisa di lakukan melalui blog dan sosial media, namun kebanyakan link CPA marketing yang dibagikan ke sosial media dianggap spam oleh sosial media tersebut kecuali twitter.

Syarat : Promosi di Blog atau sosial media

3. Refferal Marketing

Refferal atau dalam bahasa Indonesia disebut referensi, artinya tugas kita mencari atau mereferensikan orang untuk ikut bergabung dalam sebuah bisnis. Misal kita mengikuti bisnis affiliate dan berhasil membuat orang lain ikut mendaftar menjadi anggota affiliate.

Karena ini bukan bisnis CPA, maka ketika ada orang yang bergabung menjadi affiliate kamu belum menerima komisi. 

Tetapi, cara menghasilkan uang dari bisnis ini adalah bila refferal kita atau orang yang kita referensikan berhasil menjual produk affiliate barulah kita memperoleh komisi atas setiap hasil penjualan oleh refferal kita.

Syarat : punya blog dan sudah bergabung dengan bisnis yang memiliki fitur refferal karena tidak semua situs affiliate memiliki fitur refferal marketing.

4. Iklan mandiri

Iklan mandiri adalah jasa untuk memasang iklan pada blog milik kita yang kita tawarkan langsung kepada advertiser/pengiklan. Biasanya dalam bentuk banner yang di pasang pada space iklan yang tersedia dalam template blog.

Iklan mandiri lebih fokus untuk penempatan pada tampilan website, sedangkan untuk bagian artikel tidak disebut sebut sebagai iklan mandiri tetapi lebih dikenal dengan istilah content placement/advertorial.

Syarat : Harus memiliki blog

5. Affiliate Marketing

bisnis Affiliate adalah konsep bisnis dimana kita akan menjual barang orang lain kemudian akan mendapatkan komisi tiap kali terjadi penjualan melalui link promosi yang kita bagikan.

Bisnis ini hampir sama dengan dropship atau resseler, namun dropship atau resseler bisa dilakukan tanpa menggunakan blog. Berbeda dengan Affiliate yang mayoritas membutuhkan blog sebagai syarat, walau pun ada yang juga tidak mempersyaratkan tapi tidak seberapa.

(Akan kita bahas lengkap dalam artikel lain untuk perbedaan dari 3 bisnis ini yaitu Affiliate, Dropship dan Resseler)

Biasanya saat mendaftar affiliate maka ada sebuah pertanyaan "bagaimana kamu akan mempromosikan produk kami?". Bila menggunakan blog kadang langsung aprove sedangkan bila memasukkan link sosial media kadang kebanyakan di tolak dan juga banyak situs sosial media yang tidak senang dengan pemasangan link affiliate (Sama seperti link CPA Marketing, aaffiliate marketing dan refferal marketing).

Syarat : Kebanyakan harus pakai blog

6. Jualan Link

Bila kamu memiliki blog populer dengan penilaian bagus oleh search engine maka kamu bisa menawarkan jasa jualan link. Biasanya untuk jenis jasa ini memiliki jumlah slot terbatas untuk menaikkan nilai tawarnya pada advertiser.

Untuk memperoleh penghasilan jualan link, kamu boleh menawarkan atau ditawar seseorang agar linknya di pasang pada blog kamu dalam kurun waktu tertentu. Misal link di pasang 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan atau 1 tahun dengan variasi harga yang berbeda.

Syarat : punya blog dengan kualitas bagus (DA, PA) di serach engine.

7. Content Placement

Content Palcement atau menulis artikel untuk sebuah situs yang artikelnya diletakkan di blog kita mirip advertorial pada portal berita. biasanya penulisan untuk content placement di persyaratkan mulai dari jumlah kata artikel, serta ada link out ke website bersangkutan dengan kata kunci yang ditargetkan.

Biasanya jumlah kata di tentukan misal 750 kata atau 1000 kata demikian pula teks link yang mengarah ke situs tersebut juga di tentukan (Anchor text)

Syarat : Punya blog dengan domain TLD

8. Jual Produk Sendiri

Selain membuat toko online, blog juga bisa digunakan untuk menjual produk sendiri. Bahkan blog lebih terpercaya saat melakukan penjualan dibandingkan dengan toko online pribadi.

Alasannya karena blog biasanya di bangun dengan kerja keras dan membutuhkan waktu lama serta pemeliharaan yang ekstra ketimbang menggunakan toko online. Sehingga kemungkinan untuk melakukan penipuan sangat minim.

Alasannya karena blog yang dibangun dengan susah payah termasuk membangun kepercayaan pembaca selama bertahun-tahun sehingga pemilik blog pasti mempertimbangkan untuk melakukan penipuan.

Kebanyakan toko online di buat oleh blogger hanya untuk mengelompokkan produk saja. Namun mereka yang menjual langsung melalui blog lebih baik dan terpercaya.

Menjual melalui blog bisa memasarkan produk fisik misalnya baju, jam tangan, sepatu dan lain sebagainya dengan ulasan yang lebih lengkap. Blog juga bisa menjual produk digital misalnya E-book atau jasa pelatihan dll.

Syarat : Punya blog atau lewat e-comerse/marketplace

Inilah beberapa sumber penghasilan blog, secara garis besar blog digunakan sebagai media promosi efektif untuk berbagai jenis bisnis, termasuk 7 jenis bisnis diatas.

Namun ada beberapa bisnis lain di internet yang bisa dijalankan tanpa menggunakan blog yang juga menarik untuk kita bahas pada lain kesempatan.

M Mustafa
M Mustafa Saya hanya orang biasa yang selalu menyemangati diri "Jangan Lelah Untuk Berusaha Sampai Kegagalan Pun Akan Menyerah Pada Semangat Mu"

Komentar