-->
M Mustafa
M Mustafa Saya hanya orang biasa yang selalu menyemangati diri "Jangan Lelah Untuk Berusaha Sampai Kegagalan Pun Akan Menyerah Pada Semangat Mu"

Cara Meningkatkan Optimasi Video Youtube

Tidak ada komentar

Salah satu kendala bagi channel baru yang ada di youtube adalah tentang view atau pengunjung. Maka dari itu diperlukan sebuah tindakan optimasi yang mana hal tersebut sangat penting bagi channel baru dan kali ini kita akan bahas mengenai Cara Meningkatkan Optimasi Video Youtube.

Sebelumnya kita akan bahas apa itu optimasi ?

Optimasi adalah sebuah kegiatan atau aktifitas untuk meningkatkan sesuatu agar mencapai hasil maksimal. Dengan kata lain Optimasi adalah meningkatkan fungsi sesuatu secara optimal.

Demikian juga untuk channel yotube, kita bisa melakukan optimasi atau memaksa untuk meningkatkan fungsinya secara maksimal (Optimal)

Lalu, bagaimana meningkatkan Channel youtube secara optimal ?

Cara Meningkatkan Optimasi Video Youtube


Langkah-langkah yang harus dilakukan sebuah channel baru di youtube agar fungsinya bisa optimal dan akan mempengaruhi view/tontonan adalah dengan melakukan hal-hal berikut ini :

1. Durasi 3 - 5 menit

Paling pertama adalah dari segi durasi atau panjang video. Dimana kita di sarankan untuk membuat video dengan durasi yang cukup singkat yaitu sekitar 3 - 5 menis saja.

Hal ini bertujuan agar retensi video tinggi yang mana hal tersebut akan mempengaruhi posisi video untuk sering disarankan pada pengunjung melalui vitur recomendasi youtube.

2. Kategori : 1 jenis

Sebelum mengupload video pastikan untuk menentukan kategori video terlebih dahulu. PAstikan untuk mengupload video dengan 1 kategori saja.

1 kategori maksudnya adalah tem dari video minimal hanya membahas satu topik saja, misalnya video tentang masakan, maka buatlah video tentang masakan, jangan campur dengan video yangtidak satu topik misalnya otomotif atau video tetang gaming.

3. Kata Kunci : Judul, Deskripsi, Tag

Selanjutnya adalah menentukan kata kunci yang tepat. Untuk mencari kata kunci yang tepat maka di sesuaikan dengan kategori video.

Untuk kata kunci bisa menggunakan tools pencari kata kunci dan menempatkan kata kunci pda beberapa bagian penting sebuah video.

Pertama adalah pada bagian Judul, usahakan kata kunci berada pada bagian pertama dari judul video.

Kemudian pada deskripsi agar mencantumkan kata kunci pada deskripsi dengan menggunakan kata kunci utama yang di kombinasi kata kunci varian / turunan (kata sinonim)

Selanjutnya adalah menggunakan tag yang juga sama dengan memanfaatkan kata kunci yang disarankan oleh tools pencari kata kunci.

4. Konsisten : 1 Video /Hari 2 Video Recomended

Nah, ini yang paling penting bagi channel youtube baru adalah tentang konsistensi upload dari pengguna. 

Banyak yang tidak konsisten dengan uploadnya sehingga banyak channel baru yang gugur dan tidak berkembang. Ini sesuai dengan artikel sebelumnya Cara ampuh mengelola channel youtube baru

5. Review : Kejar Tayang 100 video

Selanjutnya adalah dengan melakukan review terhadap analistik dari channel baru yang sedang di bangun.

Pastikan agar channel bisa mencapai target 100 video dalam 3 bulan atau bahkan sampai 180 video dalam 3 bulan (update 3 video perhari)

5. Thumbnail : Buat Menarik

Dan terakhir adalah dengan membuat thumbnail yang menarik dan mengundang klick. Tapi pastikan thumbnail kamu bukan klickbait yaitu thumbnail yang tidak sesuai si video.

Pastikan thumbnail kamu untuk mampu mendeskripsikan isi video secara singkat kepada penonton hingga pegunjung bisa tau isi video kamu dari melihat thumbnail saja.

Dengan demikian, pengunjung akan menjadi penasaran dengan isi video dan ingin melihat video tersebut secara lengkap.

M Mustafa
M Mustafa Saya hanya orang biasa yang selalu menyemangati diri "Jangan Lelah Untuk Berusaha Sampai Kegagalan Pun Akan Menyerah Pada Semangat Mu"

Komentar