-->
M Mustafa
M Mustafa Saya hanya orang biasa yang selalu menyemangati diri "Jangan Lelah Untuk Berusaha Sampai Kegagalan Pun Akan Menyerah Pada Semangat Mu"

12 Tahun Pengalaman Bersama IDWebhost Sampai Hari Ini

Tidak ada komentar

IDWebhost adalah sebuah perusahaan penyedia domain hosting dan berbagai layanan guna kepentingan penerbitan website.

Didirikan pada tahun 2004, IDWebhost adalah perusahaan pertama yang mendapat sertifikasi akreditasi dari ICANN.

Awal mula mengenal IDWebhost adalah saat saya mencari penyedia hosting domain terpercaya pada saat itu. Karena sebelumnya saya membeli domain di sebuah jasa layanan tidak kredible.

Domain pertama saya, adsbersama(dot)com ternyata saya beli dari sebuah perusahaan layanan broker. Artinya, saya membeli domain pada mereka dan mereka yang meregister domain tersebut atas nama saya.

Yang pada akhirnya, perusahaan broker itu tutup dan semua client-nya ditinggalkan yang artinya tidak bisa memperpanjang jasa sewa domain mereka termasuk saya.

Maklum, layanan domain hosting kala itu, masih di dominasi oleh perusahaan luar negeri seperti Godaddy atau Bluehost yang menggunakan metode pembayaran Paypal dan Kartu Kredit.

Sedangkan, tingkat penipuan internet masih sangat tinggi dan proses transaksi masih sangat susah apalagi untuk transfer antar negara.

Dari pengalaman itu saya mencoba mencari penjual lokal yang benar-benar terpercaya sebagai penjual bukan broker, hingga saya ketemu dengan Jogjacamp.

Jogjacamp awalnya adalah penjual hosting domain yang kini semakin berkembang, lalu memisahkan layanan untuk domain hosting-nya pada satu brand / situs khusus yaitu IDWebhost.

Mengenal IDWebhost


IDWebhost adalah sebuah situs layanan sewa hosting domain yang telah ada sejak tahun 2004 dan melayani banyak client dari instansi pemerintah dan juga swasta.

Secara khusus jasa yang ditawarkan adalah penyewaan hosting dan domain. Ada pun jasa lainnya, nanti akan dialihkan pada bagian lain dari Network bisnis IDWebhost yang berpusat di JogjaCamp.

Pertimbangan inilah yang membuat saya betah dengan layanan situs IDWebhost selama 12 Tahun Pengalaman Bersama IDWebhost.

Dengan keyakinan bahwa network yang besar, perusahaan dengan client yang banyak, tentunya tidak akan meninggalkan member / penggunanya hingga saya bertahan dengan penyedia hosting ini.

Dan banyak jasa layanan hosting domain yang saya pakai, namun tidak ada yang bertahan lama bahkan saya pernah memakai godaddy namun tetap saya mempercayakan situs-situs saya pada IDWebhost.

Ada pun secar khusus poin plus dan minus dari IDWebhost

Saya akan memberikan review mengenai IDWebhost secara jujur tentang poin plus minus perusahaan penyedia layanan hosting domain ini. 

A. Poin Plus

Dari pengalaman saya, ada banyak hal menarik yang saya anggap sebagai point plus dari layanan hosting domain IDWebhost, beberapa diantaranya adalah :

1. Tangguh

Banyak hosting yang sering drop saat terjadi lonjakan pengunjung namun hosting IDWebhost mampu melayani lonjakan sampai batas maksimalnya. Saat terjadi drop, pihak hosting akan memberi solusi terbaik.

Selain itu sistem keamanan yang juga tinggi, saya pernah melakukan kunjungan server dengan login langsung ke CPanel, tidak melalui dasboard IDWebhost.

Karena lupa saya masuk ke CPanel saya menggunakan pasword IDWbhost berkali-kali dan gagal. IP saya langsung terblokir dan tidak bisa mengakses CPanel.

Tindakan ini di anggap tidak wajar oleh sistem keamanan server, dan untuk bisa masuk, saya terpaksa hubungi CS dan minta blokir IP saya di buka.

Selain itu, keamanan akun juga penting di IDWebhost, dimana kita akan diwajibkan untuk menyetorkan foto KTP sehingga, untuk membuktikan kepemilikian atas akun sangat aman.

2. Support 24/7

Saya sering melakukan pengecekan website saat malam hari, biasanya di atas jam 12 malam. Saya bahkan pernah contact CS IDWebhost jam 3 pagi dan langsung di balas kurang dari 5 menit.

Ya, memang saat chat pertama masih di balas bot, tapi dalam waktu kurang 5 menit, chat dari CS juga akan segera masuk.

Ini menarik, kalau chat malam hari jam 2 - 3 dini hari masih di balas kurangari 5 menit, bagaimana kalau siang ya ?

Hal inilah yang membuat saya betah di IDWebhost.

3. Support yang selalu memberi solusi

Setiap masalah yang berkaitan dengan jasa mereka, termasuk masalah yang kita tidak pahami bisa langsung dikonsultasikan.

Bahkan, mereka dengan sigap siap membantu, padahal itu bukan bagian dari tugas mereka. Mereka hanya menjaga agar hosting / server tetap normal, tapi ketika situs bermasalah dan meminta bantuan maka dengan senang hati akan melayani.

Bahkan bila terjadi masalah pada website dan meminta mereka membantu memperbaiki, maka akan di bantu tanpa biaya tambahan. cukup memberi izin (pernyataan mengizinkan) untuk masuk ke server situs kita.

Saya sering melakukan hal tersebut, meminta bantuan jam 2 dini hari dan mereka tetap membantu, dan itu membuat saya puas dengan kesigapan IDwebhost.

4. Menjaga Kenyamanan pelanggan

Saat melakukan chating dengan CS atau bagian manapun, di akhir percakapan akan di berikan sebuah opsi pilihan rating atas layanan pengelola.

Dengan adanya fitur tersebut, penilaian pelanggan menjadi penting, sehingga karyawan IDWehost selalu melakukan yang terbaik.

Pelanggan akan merasa puas dengan jawaban dan bantuan mereka.

Namun sebagai pelanggan kita juga harus cukup tau diri, ketika meminta bantuan yang bukan kewajiban mereka, dan mereka tidak bisa bantu maka jangan memberikan rating buruk.

Misalnya kamu seorang blogger pemula, yang menginstall sebuah plugin yang menyebabkan situs kamu blank dan tidak tau cara memperbaikinya maka kamu bisa minta bantuan.

Tapi ketika mereka tidak bisa membantu, maka itu kesalahan pengguna bukan pada layanan sehingga kamu jangan memberi rating yang buruk.

Setidaknya membalas chat kamu di malam hari jam 2 pagi sudah bisa jadi nilai plus yang patut untuk di hargai.

5. Maintenance berkala

Saya sering menerima email bahwa akan diadakan maintenance pada server dimana file situs kita berada. Tujuan pemeliharaan tentu agar situs bisa berjalan normal dan lancar.

Proses maintenance juga biasaya di lakukan di jam-jam sepi misaalnya jam 1 pagi dan biasanya berlangsung tidak lama.

Saya pernah mendapat pemberitahuan maintenance, yang cukup lama namun mereka memberi saran pemindahan server agar situs tidak terlalu lama off dan saya menyetujuinya.

Selain itu saja juga punya pengalaman memiliki 2 situs di 2 server berbeda padahal paketnya sama.

Ilustrasinya, saya merasa bahwa server A lebih lambat dari server B, dan saya menghubungi CS meminta pemindahan salah satu situs saya ke server yang sama yaitu ke server B.

Dan mereka melakukannya dengan cepat dan membuat kedua situs saya lancar tanpa kendala dan memiliki kecepatan dan stabilitas yang sama.

6. Promo berkala

Setiap bulannya, IDWebhost selalu meluncurkan promo yang sangat membantu bagi blogger pemula.

Promo ini mencakup discount domain atau pun gratis domain jika memilih paket hosting tertentu.

Selain membantu blogger pemula, promo discount adalah salah satu jenis tehnik pemasaran yang cukup efektif.

Ada banyak promo yang bisa ditemukan biasanya di tampilkan pada bagian "Tab Promo" cek disini Promo Hosting Domain IDWebhost.

7.  SSL Gratis

SSL menjadi penting sejak internet positif digalakkan beberapa tahun terakhir dimana domain harus memiliki SSL (Secure Socket Layer) untuk bisa di akses di jaringan publik.

Banyak blogger yang masih awam dalam penggunaan SSL dan terkendala, namun IDWebhost memberi layanan gratis untuk pengguna hosting mereka.

Setidaknya, layanan ini memberikan sedikit ruang dan penghematan bagi blogger pemula yang belum kenal betul tentang SSL dan jaringan publik.

8.  Jasa yang ditawarkan sangat beragam

Dibawah naungan JogjaCamp, IDWebhost menawarkan banyak jasa selain hosting domain, seperti Jasa SEO dan Website Instan.

Saya secara pribadi belum punya pengalaman menggunakan jasa mereka untuk SEO dan Web Instan, namun saya yakin bahwa kredibilitas dan SDM IDWebhost sudah sangat ahli dan berpengalaman.

Yang mana team JogjaCamp tidak akan menawarkan jasa yang mereka tidak kuasai, di tambah lagi, pengalaman perusahaan mereka yang sudah hampir 20 tahun di tahun depan 2024.

Pengalaman mereka dalam penyediaan hosting domain dan website, tentu sudah ter-asah dengan baik.

B. Poin Minus

Tak ada gading yang tak retak, begitulah kata pepatah yang bermakna tak ada yang sempurna di dunia ini kecuali Allah.

Sama seperti IDWebost, ada kelebihan juga ada kekurangan, dan berikut beberapa kekurangan dalam hemat kami antara lain :

1. Membatasi beberapa plugin

Bagi pengguna wordpress, ada beberapa plugin yang di batasi penggunaannya. Plugin-plugin tersebut biasanya memakan resource besar pada server.

Jadi bagi pengguna plugin-plugin berat yang biasanya memerlukan resource besar seperti penggunaan cronjob perlu memilih paket hosting yang sesuai.

Hal itu dilakukan demi keamanan dan kelancaran situs agar tetap online dan bisa di akses.

Tapi tahun terakhir ini, sudah ada layanan hosting khusus wordpress dansudah saya gunakan, namun  saya belum pernah coba memasang plugin berat seperti WP Robot atau plugin lawas STT2.

Karena biasanya plugin-plugin ini pada hosting biasa akan di tolak, namun untuk hosting khusus wordpress saya belum mencoba menggunakannya.

2. Sedikit lebih mahal

Ya, IDWebhost sedikit lebih mahal dari jasa layanan hosting lainnya. Sedikit lebih mahal bukan berarti mahal ya, sebenarnya yang menyebabkannya adalah adanya pajak.

Namun, bagi saya, harganya sudah sangat sesuai dengan layanan dan servis yang diberikan. Apalagi, penyebabnya adalah penambahan karena Pajak, jadi ya tidak masalah karena kita warga yang wajib taat pajak.

Selain itu jangan kuatir, untuk mengimbangi itu setiap bulan selalu ada promo dari IDWebhost sehingga harga yang sedikit mahal bukanlah masalah berarti.

3. Tidak ada promo perpanjangan

Ya, sebagai pengguna lama saya ingin protes karena tidak ada promo untuk perpanjangan baik hosting dan domain.

Terkadang karena kesibukan lain, saya hanya membeli hosting domain kemudian menerbitkan blog. Biasanya saya hanya mengerjakan selama 3 bulan dan sibuk dengan pekerjaan lain.

Belum sempat berpenghasilan, waktu invoice tagihan tiba-tiba masuk, oh ternyata sudah jatuh tempo.

Jadi harus bayar sewa hosting domain secara normal, tidak ada promo.

Kalau poin ini jangan ditanggapi serius, ini keluhan pribadi saya saja, dan sekedar candaan, tapi kalau di tanggapi oleh pihak IDWebhost ya, terima kasih banyak hahaha.

Demikian cerita saya soal 12 Tahun Pengalaman Bersama IDWebhost, bila kamu punya pengalaman lain soal IDWebhost, silahkan corat-coret di kolom komentar.

M Mustafa
M Mustafa Saya hanya orang biasa yang selalu menyemangati diri "Jangan Lelah Untuk Berusaha Sampai Kegagalan Pun Akan Menyerah Pada Semangat Mu"

Komentar